Minggu, 21 Agustus 2011

Tips Mencari Ide Posting: Beberapa Contoh Kasus


“INGIN update blog namun bingung mo tulis apa”. Itu keluhan banyak teman-teman blogger. Banyak teman yang merasa kesulitan mencari ide posting. Padahal, ide posting bisa datang dari mana saja. Berikut beberapa contoh terkait ide posting disertai contoh kasus yang relevan.

tips-mencari-ide-posting
1. Simak percakapan
Ide posting bisa muncul dari berbagai percakapan. Bisa percakapan antara Anda dengan pihak lain, namun bisa juga dari sekedar nguping tanpa sengaja. Tentu, Anda harus jeli memilah topik seperti apa yang pantas dijadikan tema posting. Anda juga harus memasukkan opini Anda terkait topik itu.
Posting ‘kanker prostat dan bajingan masa lalu’ yang aku tulis di rumahkayu merupakan contoh bagaimana sebuah percakapan ringan dan tak berarti bisa menjadi posting. Begitu juga dengan tulisan tentang ‘Apa beda Making love dan having sex‘ yang aku dengar dari seorang teman.  Aku juga pernah membuat posting berdasarkan hasil ‘nguping’ ketika antri di ATM dan ketika makan di restoran.
2. Televisi
Televisi merupakan media yang menyediakan banyak sekali sumber ide untuk posting (tentu saja ini hanya berlaku untuk Anda yang punya waktu untuk nonton, hehe). Supaya menarik, sebaiknya Anda tidak semata mengulas acaranya, namun mengambil bagian-bagian yang menarik dan mengaplikasikannya.
Contoh yang paling menarik adalah posting ‘Gibbs Rules‘ yang dibuat hes. Gibbs adalah tokoh sentral dalam NCIS, salah satu serial paling populer di Amrik sekarang ini. Hes yang menyukai NCIS rupanya sempat-sempatnya menyimak apa yang disebut sebagai Gibbs Rules (padahal itu biasanya hanya disebutkan selintas dalam dialog). Dan dia kemudian menuangkan dalam sebuah posting yang ‘emosional’ (ehm ehm ;) ).
Sebagai penikmat ’sinetron barat’, aku juga beberapa kali membuat posting yang terinspirasi adegan atau kisah di televisi. Seperti posting ‘Bagaimana mengetahui cinta sejati‘ yang terinspirasi serial Castle.
3. Tanggapan atas posting
Ide posting juga bisa muncul dari posting yang dibuat sesama blogger. Jadi misalkan suatu ketika Anda menemukan tulisan yang menarik, dan Anda merasa punya perspektif yang berbeda, atau melihat ada sisi yang perlu dilengkapi, Anda bisa membuat posting dengan mengacu ke tulisan teman blogger itu.
Padiemas, misalnya, pernah membuat tulisan berjudul ‘Blogdetik rumah aspirasiku’ yang merupakan tanggapan dari apa yang aku tulis.  Aku juga pernah membuat posting berjudul ‘Berdiskusi di blogdetik ternyata haram’ yang terinspirasi dari tulisan suamimalas.
4. Komentar blogger
Tak hanya posting teman sesama blogger yang bisa dijadikan ide posting. Komentar sesama blogger juga bisa menjadi pemantik aspirasi. Terutama jika komentar itu unik, menarik, dan berisi bahan mentah untuk diskusi.
Aku pernah membuat sebuah posting berjudul ‘Creative blogging, ocehan burung dan relativitas’yang terinspirasi komentar rekan ocehan burung.
5. Posting tentang teman
Banyak blogger yang fokus pada diri sendiri, dan menceritakan tentang dirinya. Itu tidak salah. Namun lama-kelamaan, pasti materi yang berkisah tentang ‘narsisme’ itu akan kehabisan bahan juga. Supaya posting lebih bervariasi, cobalah menulis tentang orang lain. Tentang teman, misalnya. Ceritakan dari sudut pandang Anda ketika melihat si teman patah hati, jatuh cinta, kehabisan uang, dipalak preman, atau apa saja. Bisa juga kisah unik yang terkait dengan pengalaman si teman.
Dee pernah membuat posting yang bagus sekali yang menceritakan tentang mrpsycho. Ide posting muncul beberapa saat setelah menerima undangan pernikahannya. Dee pun merangkum semua ingatannya tentang si sahabat, dan terciptalah sebuah tulisan yang sangat menggetarkan, berjudul‘Kalau kamu jadi dokter, aku…’.
***
Lima item yang dipaparkan di atas hanya contoh untuk membuktikan bahwa ide posting bisa dari mana saja.
Anda sendiri, darimana biasanya mendapatkan ide posting? Bagi dong ilmunya, hehehe ;) :)
Sumber: http://sukangeblog.blogdetik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...